Tipe-tipe temen kerja

by - 13.54


Banyak yang hal yang bikin kita nggak betah kerja atau nggak suka dengan suasana kantor, salah satunya rekan kerja. Emang sih kepribadian tiap orang itu berbeda dan kita nggak bisa maksa orang lain buat berubah. Intinya sih kalau mau professional ya wajib kudu bisa bersosialisasi dengan rekan kerja supaya bisa membangun perusahaan dengan kerja team.
Nah berikut gue bakal bahas tipe-tipe teman kerja yang biasanya selalu ada disetiap lingkungan kerja!

Tipe penggosip! Siapa aja digosipin, mulai dari bos, temen, bahkan sampai ke tetangga
Namanya mulut rasanya gateeeeeeel, apa aja pengen dibahas, mau itu bener ataupun hoax. Orang baik diomongin, orang jahat diomongin, bener diomongin, salah apalagi. Model yang begini biasanya selalu nggak pernah absen di kantor manapun. Terutama geng cewek-cewek yang hobinya ngerumpi, termasuk gue.
Kamu kudu waspada sama tipe satu ini, karena siapa tahu ternyata di belakangmu kamu juga jadi bahan gosipnya, ya kan?

Tipe ngaduan alias doyan cari muka
Mukanya ilang mbak? Kok dicari-cari?
Yang kayak begini pasti ada di mana-mana. kalau ada si bos aja, duileeeeh tiba-tiba keliatan sok rajin dan sok sibuk padahal aslinya disuruh on time aja susah. Fix, gak usah temenan ama orang kaya begini. Orang macam ini tipe ada udang dibalik rempeyek, bakal menghalalkan berbagai cara supaya bisa tetap keliatan oke di depan si bos.

Selain yang doyan cari muka, ada juga yang mukanya kebanyakan alias muka dua
Muka satu aja perawatannya mahal, gimana dua ya?
Ati-atiiiiii banget ama yang kategori gini. Mereka akan tampak baik, sangat membantu pas kamu kesulitan, dan keliatan sangat bersahabat. Tapi sebenarnya mereka mengincar sesuatu, entah misalnya data, karya atau kesalahan kamu, biasalah buat bahan omongan dan lapor-lapor ke si bos *ops

Tipe pengeluh
Hobinya ngeluuuuuh terus, alhasil kerjaan banyak dan gak kelar-kelar. Padahal yang namanya kerjaan emang nggak ada udahnya kalo nggak mulai dikerjain. Mulut kan nggak bisa nyelesain kerjaan. Kalo mau nyantai ya dirumah aja gausah kerja.

Tipe pengomel
Manusia macem gini kalau kerja kayak dipaksa kawin, sensitif banget hatinya. Ada partner yang salah dikit langsung ngomel, dateline berantakan ngomel juga, dikasih kerjaan baru sama si bos ngomeeeeel melulu nggak ada kelarnya kayak sinetron. Orang kayak gini paling manjur menularkan mood bete ke orang lain.
Entah kenapa gue agak ketampar sih! HA!

Tipe genit, sukanya nge-modus
A : ‘Hai, anak baru ya?’
B : ‘Iya Pak, ini hari pertama saya’
A : ‘Jangan panggil Pak dong, saya kan belom tua-tua banget, panggil Mas aja’
Kemudian berlanjut dengan nanya alamat rumah dan nomor handphone -_-

Sok bossy!
Atasan bukan, senior ya bukan juga. Tapi wedeeeeeh, sok boss-nya bukan main. Apalagi ke yang lebih muda atau anak baru, ngerasa banget jadi petinggi yang tahu segalanya. Tiba-tiba nyuruh kerjain ini-itu. Haduh, rempong cyiiinnn!

Sok cakep
Biasanya sih ada aja tipe ini dikantor-kantor. Cakep sih sah-sah aja. Tapi kalau sok cakep trus jadi annoying ya bikin bete. Situ minta banget gue kasih upil.
Kalau staf cewek yang sok cakep biasanya jadi manja-manja nggak jelas ke rekan-rekan yang cowok trus jadinya rajin minta bantuan, cowok yang sok cakep biasanya jadi genit.
Tapi ada juga sih yang biasanya sok cakepnya cuma buat becandaan doang. Kalo bukan kita sendiri, siapa lagi yang bakal muji? huahahaha

Super pendiem, kaku, sopan, pemalu, mungkin golongan anak baru
Kaku banget kayak kanebo kering!
Ciri-cirinya :
Senyumnya maksa, antara mau-mau, nggak-nggak
Jawab seadanya
Belum makan siang kalau belum disuruh
Menyendiri
Suka celingukan kalau deket-deket jam pulang
Pokoknya dia mah paling selow, anteng aja hidupnya jadi followers, selalu ada di zona nyamannya, kalem-kalem gimana gitu (asal jangan kalem nahan kentut aja)

Si heboh yang sering ngusilin orang sambil nyanyi-nyanyi dan joget
Ada banget dikantor gue! Namanya Mas gondrong, tiap hari nyanyi mulu, macem saipul jamil.

Selesai kerja, kelar 1 album!

Tipe pelawak
Ditempat gue Mas gondrong juga yang tipenya kayak gini, tiap ditanya apapun ada aja jawaban ngelesnya, gak pernah serius. Kadang gemes pengen gue tabok!

Si tukang komplain
Wah jangan tanya, yang kayak gini banyak banget populasinya. Setiap ngantor pasti aneh-aneh ceritanya, siapapun bakal dikomentarin. Komplain mulu kayak customer. Biasanya dateng ke kantor dengan mata sembab gara-gara menangis semalam, atau dateng selalu telat, susah konsen gara-gara drama rumah tangga, dan masih banyak lagi drama dihidupnya.

Tukang pamer, apa aja dipamerin
Punya pacar baru pamer, beli handphone baru pamer, beli jam pamer, beli sepatu pamer, sampe beli beha juga pamer.

Makhluk jin
Pasti ada yang model gini. Setiap ditelpon atau disamperin ke mejanya nggak pernah ada. Di chat juga nggak dibaca, tiap meeting nggak pernah muncul, nggak pernah baca memo, nggak pernah bales email kantor.  Susah banget dicarinya! Gimana kerjaan kelar kalau harus kerjasama sama tipe ini?
Manusia tipe gini terbiasa hidup di gua kayaknya. Semacam nggak mau maju.

Tipe kepoan
Mau tauuuu aja urusan orang lain yang nggak ada hubungannya ama dia. Lebih parahnya, kadang ada yang sampe bela-belain ngintip kerjaan orang supaya bisa cari kesalahan dan laporan ke bos.
Sebenernya gue kepoan banget dan menurut gue kepo itu penting, tapi kepo apa dulu, keponya mesti yang bikin pinter, misalnya kepo mau belajar, kepo wawasan, kepo ilmu. Kalo nggak punya rasa kepo, pasti bakal stay disitu-situ aja, dengan standar kemampuan yang dimiliki.

Tong kosong nyaring bunyinya
Susah-susah gampang sih membaca karakter tipe ini. Sekilas kelihatannya cerdas, banyak idenya. Kalau meeting kelihatan aktif dan banyak kasih pendapat eh tapi giliran disuruh ngerjain, dia seakan tenggelam disamudera antartika, alesannya ada ajaaaa gitu. Beraninya cuma ngomong doang, tapi nggak mau follow-up.

Tipe irit
Selalu bawa bekal makan siang sendiri, jarang nongkrong habis jam kerja. Mungkin gajinya buat beli nasi bungkus sisanya beli berlian (padahal sebenernya karna kebanyakan cicilan hahaha)

Tipe pelit dan suka itung-itungan
A : ‘ Itu gorengan kayaknya enak, mau dong."
B : ‘Nih, jangan banyak-banyak, gue belinya cuma dikit. Mahal.’
A : ‘Yelaaaah, ngambil aje belom.’
Jangan kayak orang susah ya Gengs, cuma gorengan aja kudu minta. Mending beli sendiri!

Tipe boros
Kebalikan dari si pelit, si boros sukanya ngabisin duit. Gajian sebulan sekali, abisnya seminggu. Sukanya makan yang mahal-mahal, tiap makan siang diluar, selesai kerja nongkrong dulu. Main sama tipe ini mah, kelar hidup lo!

Tipe baik hati
Orangnya nggak pelit, suka bawa makanan, suka traktir, suka bantuin kerjaan, suka minjemin duit wkwk.
Terberkatilah tipe teman kerja seperti ini, semoga enteng jodoh dan rezeki. AMIN.

Tipe pemakan segala
Nah ini nih, tipe pemakan segala biasanya selalu deketin si tipe baik hati yang bawa cemilan. Ditawarin apaan aja, mau-an orangnya.
Bahkan ada yang sampe makan omongannya sendiri. Dia yang berkoar-kora nggak boleh tapi dianya juga yang ngelakuin. HAHAHA

Tukang bikin berisik
Sekilas sih rekan kerja yang kayak gini kayaknya asik karena rame, periang, bikin semangat dan bikin suasana hepi. Tapi kalau dikit-dikit ngoceh dan komentar, pengen jitak gak sih? Orang lagi konsen kerja dia ngoceh terus kayak burung.

Tukang bully
Ini dia yang beracun. Kamu nggak bisa bikin kesalahan dikit di sekitar dia, bisa-bisa dia akan terus ungkit-ungkit kesalahanmu, diumumkan ke orang-orang dan dijadiin bahan ejekan sekantor.

Tipe gabisa diem, hobinya ngider-mampir ke meja orang
Penghargaan kepada karyawan paling nggak jelas jatuh kepada tipe satu ini! Hobinya keliling-keliling, mungkin aja dia bosenan atau pantatnya bisulan.
‘Gila, meja lu rapih banget! Btw ga punya cemilan?’
#ngiderterussampejam4

Tipe bertanggung jawab dan super serius
Tipe ini punya motto : rela lembur, yang penting kerjaan kelar.
Karyawan paling teladan pokoknya, selalu serius dan fokus dalam urusan kerjaan. Semua pokoknya udah terschedule sesuai dateline deh.

(Kayaknya sih tipe ini gue banget wkwk)

Tipe yang kerjanya santai (baca : pemalas)
Nah tipe-tipe ini biasanya moody-an, kalo lagi semangat, semangat banget, kalo lagi capek ya santai banget, lebih sering main game, main sosmed bahkan sampai tidur. Buat tipe ini yang penting 9-5-25 (baca : masuk jam 9, pulang jam 5, gajian tanggal 25). Kalau ada proyek harus dikerjain bareng-bareng, dia yang paling pasif dan nggak responsif.

Tipe lambat
Kesannya sih sok sibuk dan mejanya selalu berserakan kerjaan. Tapi kok setiap kali ada kerjaan yang dikasih ke dia, lamaaaaaa banget ngerjainnya. Nggak tau deh dia ngapain aja.

Tipe yang suka ijin keluar lamaaaaaa bangeeet
Disuruhnya pergi ke bank, di banknya sejam, ngalor-ngidulnya 3 jam. Kemudian langsung pulang.

Yang mejanya paling rapih dan yang berantakan
Ada yang emang nggak betahan kalo meja dan area kerjanya kotor dikit, bawaannya mau beberes mulu. Ada juga yang tipe se-bodo-an, alias nyaman-nyaman aja dengan meja yang berantakan, semua asal simpen dimana aja.

Yang suka belagak bego
Awalnya sih kelihatannya nggak berdaya. Setiap ngerjain apa-apa bareng selalu ngeluh ‘Duh, ribet banget sih..’ atau ‘Aku nggak bisaaaa’ Sekali dua kali kita bantuin nggak apa-apa, tapi kalau setiap kali ada kerjaan selalu begitu ini mah namanya belagak bego. Mau bego beneran?

Yang suka jajan keluar dan rela dititipin
‘Eh, gue mau ke mini market nih, ada yang mau nitip gak?’
‘Gue nitip susu dong 1’
‘Gue roti deh’
‘Gue biskuat ya, biar hati gue juga kuat’
‘Oke, duitnya mana?’
‘Pake duit lo dulu yaa!’
(PAKE DUIT LO DULU YA..PAKE DUIT LO DULU YAA... *katakata horor yang terngiang-ngiang)

Yang menanggap kantor rumah kedua
Tipe-tipe ini biasanya lebih betah dikantor daripada rumah sendiri. Semua demi internet dan fasilitas lainnya. Tipe seperti ini termasuk tipe gak mau rugi. Motto hidupnya : Semua fasilitas kantor kudu dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Yang paling sering nggak masuk atau telat
Banyak ini mah! Udah ditegor, udah disindir masih gak ngena juga. Suka nya ijin, dikit-dikit bilangnya body is not delicious alias gak enak badan. Dateng mepet-mepet, yang lain udah anteng kerja dia masih sibuk dandan.
Enaknya diapain ya?

Romeo & juliet
Biasanya ada aja deh yang kena cinlok. Cieeeeeeee~~
Butir-butir cinta bertebaran, lalu hati berflower-flower.
Sah-sah aja sih kalo jatohnya nggak lebay, kan ada tuh yang pacaran satu kantor tapi drama abis, apa-apa berdua doang, eh pas berantem sekantor sampai tahu semua.

Pendompleng kerjaan orang
Dapet project bareng sama tipe ini mah bencana dah. Projectnya sih bareng, tapi diawal dia bakal ngilang kayak debu, giliran udah deket dateline baru deh sok sibuk, biar kelihatan dia juga ikutan kerja tim dimata si bos.

All mine!
Mahluk kayak gini pelit banget sama informasi dan kerjaan. Kesannya takut banget kalah saing. Apapun gak mau berbagi, mulai dari ATK ataupun ide. Tiap didatengin ke mejanya, mukanya selalu bete dan curiga kayak mau dirampok. Tiap ditanyain sesuatu jawabannya selalu ‘cari aja sendiri!’

Tipe sok tahu
Karyawan yang selalu sok pinter dan merasa tau segalanya pasti kerjaannya mengkritik kerjaan orang lain. Lepas dari kenyataan omongannya emang bener-bener manjur apa enggak, mereka selalu pengen keliatan lebih pinter. Nyebelin banget, kan?

Sibuk sama (bukan) kerjaan
Kelihatannya super sibuk, dikit-dikit teleponan, kedengeran ketrak-ketrik (?) suara ketikan dilaptop, tapi ternyataaaaa...
Sibuk chatting sama pacar, ngobrol sama temen, main sosmed sampe belanja online. Ini yang bikin gregetan orang. Padahal yang lain pada gedebukan kerja, dia sibuk browsing-browsing internet atau main hape. Apalagi pas ditagih hasil kerjaan, baru heboh sendiri ngerjain mepet-mepet dan hasilnya nggak banget.
Tipe jorok
Biasanya ada aja tipe ini disetiap kantor. Joroknya bukan main. Hobinya nyimpen sampah, mejanya berantakan, apalagi kalo buang air nggak disiram. Uek!


Foto : google

You May Also Like

0 komentar