Baca kepribadianmu dari tulisan tangan

by - 11.42


Hello Gengs!
Setelah sebelumnya gue bahas hal-hal yang bisa menunjukkan kepribadian. Sekarang gue bakal bahas lebih rinci salah satunya, yaitu melalui tulisan atau yang biasa disebut ‘Grafologi (Graphology)’.
Pasti masih pada asing ya sama nama ilmu yang satu itu? Nah biar gak bingung, gue bantu jelasin yak!
Grafologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadian seseorang dilihat dari tulisan tangannya. Grafologi sendiri memang adalah seni membaca tulisan tangan tapi gak hanya untuk menilai kepribadian, melainkan banyak hal lainnya terkait karakter, kepribadian, kemampuan, dan masih banyak hal lainnya. 
Gak sedikit lho pihak-pihak yang menggunakan ilmu tersebut untuk tujuan tertentu, seperti rekrutmen karyawan baru misalnya. Meskipun belum ada bukti ilmiah yang menjelaskan keakuratan tentang grafologi. Tapi gak ada salahnya juga kan kita mempelajari ilmu ini?
Saat seseorang menulis, dia secara nggak sadar mengindikasikan banyak hal mengenai dirinya bahkan dikatakan dari sebuah tulisan tangan dapat diketahui sekitar 5.000 kepribadian yang berbeda. Bahkan dalam bidang medis, penulisan itu juga dapat membantu diagnosa dan mengetahui berbagai penyakit serta pola hidup.
Jangan terlalu nganggep artikel ini serius ya, Gengs. Dibawa santai aja, jangan tegang~

Coba perhatikan, spasi yang kamu gunakan antar kata itu berapa lebarnya?
Spasi antara pinggiran kiri kertas,
Konon katanya, orang yang menulis dengan memberikan jarak agak jauh antara pinggiran kiri kertas dan tulisannya adalah seseorang yang suka melihat ke arah masa lalu alias susah move on dan susah melepaskan suatu hal.
Nggak menentu,
Kalau kamu nggak punya jarak khusus antara tulisan dan pinggiran kertas, menandakkan bahwa kamu orang yang nggak bisa diem dan relaks tapi didalam pikiranmu ada banyak hal.
Spasi antara pinggiran kanan kertas
Kamu yang memberikan jarak agak jauh dari pinggiran sebelah kanan kertas, menandakan kamu orang yang takut akan sesuatu yang nggak pasti dan selalu khawatir akan apa yang akan terjadi dimasa depan.
Spasi dari kata per kata
Kalau tulisanmu spasinya sempit-sempit, maka kamu termasuk orang yang sadar diri atau introvert.
Grafologi juga melihat artinya kesenjangan antara kata-kata. Semakin dekat kata-kata, semakin memperlihatkan bahwa orang tersebut menikmati keramaian. Sementara itu, dalam pendekatan berbeda, orang yang memberikan spasi lebih di antara kata- menunjukkan lebih pikiran yang lebih jelas dan pandai mengorganisir.

Percaya atau nggak kalau karakter seseorang ternyata bisa dilihat dari besar atau kecilnya tekanan pena pada kertas?

Beberapa orang bisa menekan dengan keras, tapi di sisi lain, ada juga orang yang menekan lembut penanya pada kertas. Keras lembutnya tekanan pada kertas dapat kamu lihat dari gelap nggaknya hasil goresan pena.
Penekanan yang kuat
Kamu yang menulis dengan tekanan tulisan yang kuat, maka menandakan kamu memiliki komitmen  dan emosional yang tinggi, bersemangat serta selalu serius akan sesuatu. Tapi kalau kuatnya banget-banget nih, katanya orang yang nggak bisa relaks dan agak sensitif.
Penekanan yang sedang-sedang aja
Menurut ilmu grafologi, orang tersebut berarti tenang tapi teguh. Mereka juga dinilai punya persepsi dan memori keterampilan yang baik.
Penekanan yang ringan
Yang suka menulis dengan tekanan ringan atau tulisan tipis, bisa mendiskripsikan bahwa dia nggak suka terlalu menghabiskan banyak tenaga.


Kira-kira secepat apa kamu dalam hal menulis?

Menulis dengan cepat
Jika seseorang suka menulis dengan cepat maka itu menandakan dirinya adalah orang yang nggak sabaran dan nggak suka menghabiskan banyak waktu.
Menulis dengan lambat
Seseorang yang menulis dengan kecepatan biasa atau cenderung lambat, tandanya dia orang yang terorganisir, menaati prosedur dan mengandalkan dirinya sendiri.

Ukuran huruf pada tulisan juga punya makna tersendiri lho!

Menurut ilmu grafologi, tulisan yang kecil-kecil berarti orang tersebut tertutup, introvert atau hemat. Sedangkan kalau huruf pada tulisan tanganmu besar-besar, maka orang tersebut ekstrovert. Tulisan tangan yang besar-besar juga menunjukkan bahwa kamu termasuk pribadi yang sangat aktif dan suka cari perhatian di depan banyak orang.

Lurus atau nggak nya tulisan juga bisa jadi acuan buat baca karakter.
Selanjutnya, kepribadian seseorang bisa dilihat dari garis bawah. Orang-orang yang menulis tanpa kertas bergaris biasanya tulisan mereka cenderung nggak lurus sempurna. Untuk menilainya, coba deh pakai penggaris untuk menentukan lurus atau nggaknya tulisan dari garis bawah.
Tulisan menanjak ke atas
Dalam ilmu grafologi, orang yang menulis dengan tulisan menanjak ke atas berarti punya optimisme, positif, berkeinginan kuat dan suasana hati yang bahagia.
Tulisan menurun ke bawah
Tandanya orang tersebut punya jiwa pesimis atau keputusasaan, bisa juga sih karena sedang kelelahan.
Tulisan bergelombang
Orang yang menulis bergelombang atau naik dan turun bisa berarti orang yang nggak konsisten atau nggak terampil, moodnya gampang berubah.

Lihat juga kepribadian seseorang dengan mengamati tingkat kemiringan huruf-huruf!
Lihat tingkat kemiringan dari penulisan huruf, tingkat kemiringan ini merupakan cermin emosional seseorang.
Miring ke kanan
Sebuah tulisan yang miring ke kanan biasanya ditulis oleh orang yang penuh semangat, tegas, terbuka, percaya diri dan senang bersosialisasi dengan sekitar.
Miring ke kiri
Sebuah tulisan miring kiri dapat menggambarkan rasa enggan untuk menulis dari penulis, atau keinginan untuk menyembunyikan emosi disetiap situasi, pribadi yang dingin dan kurang peduli dengan orang lain.
Lurus aja
Kalau lurus secara vertikal, maka orang tersebut bisa menstabilkan emosinya, lebih menggunakan logika daripada emosi tapi tetap memiliki reaksi emosional yang tinggi terhadap lingkungan sekitar.

Coba deh perhatikan cara seseorang menulis titik di Huruf ‘i’

Jauh di atas i
Biasanya orang yang menulis dengan titik yang agak jauh, menandakan dia punya imajinasi yang baik bahkan sangat kuat.
Tepat di atas i
Kalau menuliskan titiknya tepat diatas ‘i’ berarti orang tersebut detail dan terorganisir.
Di sebelah kiri ‘i’
Seseorang yang meletakkan titik disebelah huruf ‘i’ nya menggambarkan orang tersebut suka menunda-nunda suatu hal.
Menggunakan garis
Kadang ada aja yang mengganti titik dengan garis, itu menandakan bahwa orang tersebut nggak sabaran.
 Menggunakan lingkaran
Selain menggunaka garis, ada juga lho yang justru membuat lingkaran. Orang yang melakukan hal ini biasanya orangnya agak kekanak-kanakan.

Cara seseorang menulis bentuk huruf juga berbeda-beda, jadi ada banyak kepribadian yang bisa kamu ketahui dari sana!
Tulisan bulat
Kalau tulisan seseorang terlihat bulat, biasanya dia orang yang kreatif dan artistik
Tulisan runcing
Seseorang yang penulisan hurufnya terlihat lancip menandakan ia memiliki karakter yang agresif, bersemangat, pintar, dan juga berani.
Huruf sambung
Dalam grafologi, memang disarankan seseorang untuk menulis dengan tulisan sambung namun apabila pada dasarnya ia memang suka melakukan tulisan sambung maka itu menandakan ia adalah seseorang yang logis, sistematis, dan berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Kalau tadi kita bisa melihat penulisan titik di huruf ‘i’. Mengetahui kepribadian dari huruf ‘T’ juga bisa lho!

Pernah memperhatikan nggak sih gimana cara seseorang membuat garis di huruf ‘T’?
Benar-benar di atas huruf T
Menggambarkan seseorang yang ambisius, optimis, dan mempunyai harga diri yang tinggi akan dirinya sendiri.
Tepat di tengah huruf t
Seseorang yang menulis huruf t seperti ini menandakan               seseorang yang percaya diri, selalu nyaman dengan dirinya sendiri tanpa perlu membayangkan menjadi orang lain.
Garis yang panjang
Seseorang yang menulis huruf t dengan garis yang panjang, menggambarkan seseorang yang memiliki tekad kuat , keras kepala dan entusias.
Garis yang pendek
Sebaliknya, seseorang yang menulis huruf t dengan garis pendek maka menggambarkan orang tersebut malas dan gak punya tekad kuat.

Selain huruf T, masih ada juga huruf ‘S’

Bagaimana seseorang menulis huruf s dapat memberikan pengetahuan yang berbeda-beda atas kepribadian seseorang.
Terlihat bulat
Seseorang yang menulis huruf s yang terlihat bulat, menunjukkan orang tersebut suka menghindari konflik, suka berkompromi dan berusaha menyenangi orang-orang di sekitarnya.
Tajam ke atas
Intelektual dan senang mempelajari hal-hal yang baru. Semakin tinggi dan tajam huruf s yang dimiliki, maka semakin menunjukkan seberapa ambisius orang tersebut.
Memiliki lingkaran yang terlihat jelas dibawah
Orang yang huruf S-nya memiliki lingkaran yang terlihat jelas di bawah menunjukkan orang tersebut jarang mengikuti keinginan mereka sendiri, dimana mereka bertindak karena situasi yang dihadapi.

Penggunaan huruf KAPITAL bisa menggambarkan tingkat percaya diri seseorang.
Huruf kapital yang ukurannya berbeda dengan huruf kecil
Menunjukkan bahwa orang tersebut adalah orang dengan kepercayaan diri yang tinggi, semakin berbeda ukurannya maka semakin tinggi tingkat kepercayaan diri yang dimilikinya.
Huruf kapital yang berukuran sama dengan huruf kecil
Menunjukkan orang tersebut adalah orang jujur dan rendah hati dengan tingkat kepercayaan diri yang biasa saja, biasanya sih jadi cenderung pemalu.

Kira-kira tandatangan menggambarkan kepribadian juga gak yah?
Di poin ini, ada dua hal ; pertama tanda tangan yang sangat jelas, kedua tanda tangan yang nggak jelas.
Nggak jelas
Tanda tangan yang nggak jelas bentuk atau artinya, menandakan seseorang yang sangat tertutup. Orang lain nggak akan dengan gampang bisa tahu apa yang dia pikirkan.
Sangat jelas
Di sisi lain, seseorang yang tanda tangannya jelas menandakan dirinya adalah seseorang yang percaya diri dan nyaman akan dirinya sendiri.


Yap, itu dia rincian cara membaca kepribadian seseorang dari tulisan tangannya, poin-poin di atas hanyalah sedikit dari ilmu grafologi yang ada. Setiap manusia itu unik dan penilaian di atas mungkin hanya dapat dipraktikkan secara general nggak benar-benar menunjukkan karakter orang tersebut secara detail.

Jadi, kira-kira gaya tulisan kamu kayak gimana ya? 


Source: tahupedia.com , urbanradiobandung.com

You May Also Like

0 komentar