Banyak hal sederhana yang nyatanya bisa memberikan kebahagiaan

by - 21.39


Apa sih arti bahagia buat kalian? Uang? Jabatan? atau gaya hidup?
Definisi bagi tiap orang tentunya bakalan berbeda. Ada yang bahagia kalau punya banyak uang, ada juga yang bahagia saat naik jabatan, ada yang bahagia kalau bisa belanja ini-itu, atau ada juga yang bisa bahagia hanya dengan melihat orang yang disayang bahagia. Cieee... (Aku bahagia kalo mas Gong Yoo sama mas Siwon bahagia..)
Kamu golongan bahagia yang mana nih?
Kebutuhan dan gaya hidup memang udah jadi satu hal yang melekat dalam diri manusia. Uang menjadi hal yang paling utama dalam memberi kebahagian. Padahal nyatanya kalau bahagia kita karena uang justru akan membuat hidup kita nggak bahagia dan tertekan. Nggak punya duit langsung stress, apalagi kalau udah ketemu tanggal kritis akhir bulan. Cuma indomie satu-satunya teman setia Hehe. Ingat gengs, hidup itu sebenarnya sederhana, gaya hidupnya yang mahal.
Kebahagiaan nggak melulu harus materi kok, ada banyak hal yang bisa dengan gampang bikin kita bahagia tanpa kita sadari ;

Kesehatan dan lancar dalam beraktifitas aja seharusnya sudah bisa bikin kita bahagia dan selalu bersyukur.
Coba deh lihat mereka yang sakit, rasanya tersiksa. Nggak bisa ngapa-ngapain, nggak bisa kemana-mana. Makan aja kadang susah. Belum lagi banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat. Bahkan ada yang bernafas pun membutuhkan alat bantu.
Masih nggak bersyukur kamu yang diberi kesehatan? Nikmat mana lagi yang kamu dustakan, Gengs?
Bisa bangun di pagi hari, menghirup udara dan melihat sinar matahari dengan keadaan yang sehat harusnya bisa menjadi kebahagiaanmu setiap hari. Bersyukurlah ketika Tuhan masih mentakdirkan matamu untuk terbuka disetiap pagi. Yuk kita ucap Alhamdulillah..


Pengalaman merupakan guru yang terbaik dalam hidup. Jadi disaat kamu punya segudang pengalaman baru, disitulah kebahagiaan menghampirimu.
Entah kamu sadar atau nggak akan ada pengalaman baru yang kamu alami setiap harinya. Kamu bisa belajar untuk hari esok supaya lebih baik. Pengalaman remeh tapi nyatanya hari berganti setiap hari dan gak akan mungkin sama, akan banyak hal baru yang bisa kamu dapatkan. Meskipun kecil tapi cukup berarti. Jadi jangan pernah takut belajar yaa..

Kebahagiaan bukan hanya soal materi, tapi tentu senengnya luar biasa kalau bisa dapet rejeki dari hasil keringat sendiri.
Siapa sih yang nggak bangga kalau bisa bekerja dan punya penghasilan sendiri? Mungkin nggak dalam jumlah yang banyak, tapi dijamin rasa lelah dari kerja kerasmu akan luntur saat kamu menerima hasilnya. Apalagi kalau masih cukup untuk memberi orangtua, bahagianyaaa...
Kamupun juga akan lebih menghargai yang namanya uang, menggunakannya secara bijak dan yang paling penting buat Geng kipop, bisa buat beli tiket konser oppa hehe.
Punya uang dihasilkan dengan keringat sendiri, tentu memilki kesan yang nggak akan terganti kan?

Moment berkumpul dengan keluarga jadi kebahagiaan yang luar biasa, saat kamu punya kesempatan jangan pernah terlewatkan.
Terkadang dalam satu keluarga moment berkumpul adalah kejadian yang langka. Semua sibuk dengan kehidupan masing-masing, bahkan komunikasi pun jarang. Ini juga yang gue rasakan, kadang kesepian dan rindu bisa quality time bareng keluarga.
Saat kita bisa berkumpul walau hanya untuk makan bareng atau menikmati hari raya, rasanya jadi kebahagiaan yang teramat luarbiasa. Memandang wajah orang-orang terkasih sambil bercengkrama. Gak ada yang bisa menukar kebahagiaan bersama keluarga, sekalipun ditukar dengan uang, nggak akan pernah ada nilainya. Percuma kamu punya banyak materi tapi hatimu kesepian karena semakin jauh dari keluarga. Lalu apa artinya semua materi yang kamu dapat?

Rejeki itu nggak cuma uang, punya sahabat yang selalu mengerti dan ada disisi juga merupakan rejeki.
Bisa tertawa, berbagi cerita dengan sahabat adalah kebahagiaan yang paling sederhana.
Kenapa gue bilang rejeki? Karena nggak banyak orang yang bisa punya kebahagiaan satu ini. Biasanya yang namanya temen suka muncul terus nggak. Jadi nggak banyak orang yang bisa beruntung dapat sahabat yang selalu ada disaat suka dan duka, yang mengerti gimana kita, sifat kita, kebiasaan kita, dll.
Sahabat menjadi obat kejenuhan paling mujarab selain keluarga dan liburan, apalagi beruntungnya kalau kamu punya sahabat yang gokil dan humoris. Dijamin nggak hanya ngurangin beban, mereka juga bisa menumbuhkan kebahagiaan dihidupmu.

Mengatasi ketakutan yang bikin nggak nyaman, pasti kebahagiaanmu juga pasti nggak terkira.
Setiap manusia kadang punya ketakutan tersendiri, yang nyatanya hanya sugesti dan dibentuk oleh diri sendiri. Misalnya takut akan kegagalan, padahal kamu aja belum mencobanya. Rasa kurang percaya diri dan nggak yakin dengan kemampuan menjadi faktor yang mendasari ketakutanmu. Memang sih nggak gampang buat melawan ketakutan itu, tapi mau nggak mau, cepat atau lambat kamu harus bergerak. Kamu harus berani keluar dari zona nyaman demi kebahagiaanmu sendiri.
Dan saat kamu berhasil, gak hanya bahagia yang kamu dapat tapi juga kebanggaan.

Kebahagiaan terbesar sebenarnya adalah mencintai dan menghargai diri sendiri.
Gak ada gunanya kamu yang suka menggerutui ketidaksempurnaanmu. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang sudah menjadi satu paket. Nggak ada manusia yang terlahir dengan sempurna. Daripada kamu terus mengeluh dan menambakan hidup seperti orang lain, tentu kamu lebih baik mensyukuri terlebih dahulu apa yang kamu punya sekarang.
‘Enak yah jadi si A...’
‘Coba aja hidup gue kayak si B, bahagia deh pasti’
Kita seringkali nggak terima dengan nasib yang kita alami, terus mengeluh dan menyesali. Padahal kehidupan orang lain juga nggak seindah yang kita lihat, dia juga pasti punya masalah tapi bedanya dia bersyukur dan nggak gampang ngeluh. Dan bahkan bisa jadi hidup yang kamu gerutui itu adalah hidup yang menjadi impian bagi orang lain. Banyak orang yang hidupnya lebih nggak beruntung.
Kamu berhak bahagia, dan mulailah dengan mencintai diri sendiri. Jangan mempersulit kebahagiaanmu sendiri dengan hal-hal yang sebenarnya nggak bisa kamu jangkau.



Seperti sakura. Hidup, bermakna,lalu mati.

Nasib bisa kita ubah, nggak begitu dengan takdir. Jika baik ya alhamdulillah, jika buruk ya disyukuri saja. Sebab sepanjang kita berjalan, menghindar, bersembunyi bahkan pura-pura nggak tahu, kita mau menerima atau menolaknya, dia akan tetap terjadi. Takdir nggak pernah bertanya apa perasaan kita, apakah kita bahagia, apakah kita nggak suka. Setidaknya sampai Allah menakdirkan kita untuk berhenti bernapas, kita harus tetap hidup dan bahagia.


sumber foto : google

You May Also Like

0 komentar