Kehebohan dikantor gara-gara UPS

by - 18.44


Kamis, 30 Maret 2017. Sehari sebelum gajian.

Jadi hari ini lagi kedatengan beberapa orang ke kantor, mulai dari konsultan pajak, senior akunting, supplier, sampe Pak Rudi (gue bingung Pak Rudi ini apa sebenernya, all about everything pokoknya Haha).
Dan mereka ngobrol ini-itu, gue nggak paham dan nyaris bikin kepala gue cenat-cenut (padahal gue nggak dengerin lagunya smash). Mbak ester (copywriter) aja sampe kabur ke ruang atas karna gak gak gak kuat.


Akhirnya gue memutuskan buat pasang headset dengan volume yang lumayan bikin budeg. Playlistpun lagu-lagu yang jedag-jedug sampe suara mereka yang bicara lenyap. Hari ini jadwal gue ngupload produk baru (sepatu) disalah satu merchant partner. Totalnya +/- 40 article, itu sudah tertumpuk dari bulan-bulan lalu karna kelelep kerjaan gue yang lain haha. Semoga aja bos gue nggak baca.

Jam pun berlalu. Sekitar jam 3 suasana kembali hening, mereka yang gue sebutin tadi sudah pamit. Headset akhirnya bisa terlepas, kuping gue nyaris sakit. Semua kembali sibuk kerja sambil bincang-bincang cantik.
Tiba-tiba 'blep'
Gue ngerasa lampu berkedip. Biasanya tanda-tanda mati listrik. Gue teriaklah "eh save-save-in".
Kemudian server mati. Pas kepala gudang gue periksa ternyata UPS nya gak berfungsi. Dicabutlah colokannya...

Nah keadaan kembali normal, sampai akhirnyaaaa!!! JENG JENG JENG JENG!!
UPS mengeluarkan percikan api kecil dan suara kayak gas bocor. Semua panik berhamburan keluar ruangan sampe ada yang jatoh huhu. Dan posisi gue saat itu keluar belakangan, nyaris deg-degan karena mesti antri keluar. Kepala gudang gue lari buat matiin listrik (sebenernya doi panik juga, keluar ruangan duluan. Menyelamatkan diri sendiri haha) Sementara yang lain heboh cerita didepan ruangan sambil mikirin handphone yang tertinggal dan gue duduk dibawah sambil mikirin kerjaan gue yang lagi nangung (haha sempet-sempetnya). Buat gue dateline itu penting, kalo kepending lagi dan tiba-tiba dapet proyek candi, pusinglah kepala hayati.😁
UPS pun berhasil ditaklukan dan ternyata sama sekali gak tercolok ke listrik. Tapi UPS dasarnya memang menyerap aliran listrik. Jadi bisa tetep konsleting meskipun nggak tercolok ke listrik.

Info penting nih buat yang nggak tahu, UPS (Uninterruptible Power Supply) itu memiliki peranan penting untuk menjaga PC (Desktop) maupun Server kamu dari resiko kehilangan data maupun kerusakan permanen dikarenakan hilangnya daya listrik akibat pemadaman maupun gangguan listrik lainnya.


Jadi gue mau berbagi tips buat kalian jika terjadi hal yang sama dengan gue hari ini atau kejadian-kejadian lain yang nggak kita harapkan :
  1. Jangan panik. Usahakan jangan panik ya, Gengs. Keluarlah dengan keadaan tenang. Secara kalau kita panik, kita gak bisa berpikir. Dan bisa-bisa karena kepanikan kita bisa terjatuh.
  2. Bunyikan alarm kebakaran agar semua orang bisa menyelamatkan diri.
  3. Segera menuju area berkumpul yang ditentukan di luar bangunan.
  4. Saat menuju keluar gedung, matikan mesin atau listrik yang masih menyala.
  5. Lakukan latihan kebakaran secara serius. Latihan ini ditujukan agar kita tahu apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan nyawa kamu, orang-orang yang ada di gedung, dan seluruh isi gedung, seandainya benar-benar terjadi kebakaran.
  6. Terapkan kebijakan kebersihan kantor yang baik. Serakan kertas, barang, dan sampah bisa menjadi bahan bakar bagi api dan menghindarkan akses jalan keluar dan peralatan darurat.
  7. Rawat alat-alat dan mesin secara rutin untuk mencegah panas berlebih (overheating) dan percikan api (sparks).
  8. Mudahkan akses menuju panel listrik. Barang-barang yang ditaruh di depan panel listrik bisa mempersulit kamu untuk mematikan listrik, seandainya terjadi situasi darurat.
  9. Merokoklah di ruang-ruang khusus yang telah ditentukan, dan buang puntungnya secara bertanggungjawab. Jangan merokok di gudang.
  10. Pajang nomor-nomor telepon darurat dan catat alamat kantor kamu di tempat yang mudah dilihat supaya bisa cepat merespon seandainya terjadi kebakaran.


Bekerjalah secara aman dan bertanggungjawab untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan :)

You May Also Like

0 komentar