Terkadang melepaskan adalah hal yang lebih waras daripada bertahan

by - 20.15


Selamat malam. Kali ini mau sedikit kasih pencerahan buat yang suka gagal move on. Tulisan gue kali ini gue persembahkan untuk seseorang.
Okay. Kalian harus ingat, melepaskan bukan berarti menyerah. Mengikhlaskan bukan berarti berhenti mencintai. Ada kalanya kita harus melepaskan apa yang selama ini kita pertahankan. Terkadang kita selalu menginginkan dan membayangkan segala yang indah atas hubungan yang kita jalani bersama seseorang. Tapi apakah semua itu akan selalu jadi kenyataan? Apakah semua bukan hanya menjadi sebuah harapan? Apakah semua berjalan selalu sesuai dengan keinginan? Belum tentu.

Bersama orang yang kita cintai dan sayangi tentunya adalah sebuah impian yang ingin kita wujudkan. Setiap orang tentunya berharap bahwa hubungannya bisa berakhir bahagia. Bahkan berusaha untuk terus bertahan dan menghadapi semua masalah. Segala kenangan yang sempat terukir tentunya akan kukuh tinggal dalam memori dan memaksakan untuk mempertahankan ‘cinta’.

Ini bukan soal siapa yang harus mengalah, bukan pula soal menyerah tapi bagaimana kita bersikap dan bisa menghargai diri kita sendiri.

Seperti perasaan yang lainnya, cinta gak layak dipaksakan

Banyak kata-kata manis tentang cinta, banyak ucapan-ucapan hebat bahwa jika kamu berhasil melewati tantangan dalam cinta maka cintamu telah teruji dan akan bertahan lebih lama. Banyak dari kita yang terjebak, tapi..sesungguhnya cinta yang dipaksakan nggak akan pernah abadi. Seperti magnet, kalau bukan dipasangkan dengan magnet juga, ia gak akan menyatu.
Cinta memang butuh pengorbanan, butuh ego yang harus kita kalahkan. Tapi ketika kita memaksakan cinta, apakah itu merupakan sebuah bentuk pengorbanan? Sebenarnya kita hanya meraih apa yang nyatanya nggak pernah kita genggam. Lepaskan dan bebaskanlah perasaanmu, disitulah yang namanya pengorbanan. Dimana kamu rela mengalahkan rasa ego untuk terus bersama dia, dimana kamu bertahan untuk cintamu yang lain yang lebih besar.

Jika memang sudah nggak cocok, hal yang paling waras adalah melepaskan

Ketidakcocokan pasti akan terjadi dan merupakan bumbu-bumbu dalam suatu hubungan. Tapi bagaimana jika semua itu malah menggangu keproduktifan hidup kalian masing-masing?  Kalian terikat dalam satu lubang yang gak jelas bagaimana akhirnya. Kalian hanya menunggu pada satu hal yang semu hingga lama-kelamaan perasaan itu semakin memudar . Mungkin perasaan kalian sebenarnya tersimpan untuk orang lain yang lebih tepat.

Akan ada pemikiran “ Kita tunggu aja nanti, siapa tahu dia akan berubah” Tapi apa gak lebih bijak jika keputusan diambil sekarang?

Bohong kalau gak ada cinta yang akan menuai sakit dan luka. Jangan naif, kawan! Meskipun kita sering berangan bertahan hingga ke jenjang pernikahan kita tetap harus siap dengan kemungkinan terburuk. Segera putuskanlah mana yang kamu pilih, melepaskan sekarang atau menunggu hingga berkecimpung terlalu lama dalam kekecewaan yang gak berkesudahan. Segala perasaan harus selesai, meskipun kenangan tetap tinggal disana. Jika kamu terus menunda, bisa saja kamu akan bertemu dengan akhir yang lebih menyakitkan.

Gak semua berhenti ketika kalian putus. Bisa jadi setelah berakhir kalian akan lebih kompak, saling membantu dan lebih hangat

Masih banyak cara untuk kalian tetap bersama, menjadi sahabat misalnya. Mungkin itu lebih cocok, masing-masing akan merasa lebih bebas, lebih hidup, gak jaim. Janganlah menjadi kuno dengan enggan berteman dengan mantan. Bisa jadi kalian akan lebih bahagia dengan menjalin hubungan persahabatan.

Ada beberapa perpisahan yang justru membawa kebaikan
Kamu gak harus terpaku hanya pada masa lalu. Kisah romantis yang kamu harapkan akan tetap hadir ketika kamu bersama dengan orang yang lain. Yang namanya kenangan terkadang akan sangat sulit kita lupakan, tapi gak baik jika kamu terus menoleh pada kenangan. Cobalah untuk menatap masa depan. Percayalah, bahwa harga sebuah perpisahan adalah pertemuan lain yang lebih membahagiakan.


Selalu ada hal baik jika kita percaya. Ingat, kamu terlalu berharga jika hanya berkabung dalam kisah masa lalumu. Mulailah buka hati, orang yang terbaik akan menunggumu disana.


sumber foto : google






You May Also Like

0 komentar